Posts Subscribe to InFoGauLComments

Online bookmark Bookmark

Berinteraksi Dengan Internet Menggunakan Perintah SHELL Pada VB6

   Visual basic menyediakan suatu statement yang memungkinkan anda untuk memanggil suatu program melalui form. Statement tersebut dinamakan statement "SHELL".
   Sebagai contoh, kita ingin memanggil program NOTEPAD yang terdapat dalam folder windows. Untuk memanggil Notepad.exe dari form, yang perlu anda lakukan adalah:

  • Tambahkan sebuah CommandButton pada form anda.
  • Buka Form Code dan pada General Declarations ketikkan code di bawah ini;
Private Declare Function ShellExecute Lib "shell32.dll" Alias "ShellExecuteA" (ByVal hwnd As Long, ByVal lpOperation As String, ByVal lpFile As String, ByVal lpParameters As String, ByVal lpDirectory As String, ByVal nShowCmd As Long) As Long
  • Dan klik ganda pada CommandButton yang sudah anda tambahkan tadi, kemudian ketikkan code di bawah ini;
ShellExecute Me.hwnd, "open", "Notepad.exe", vbNullString,        vbNullString, 1
  • jika Anda menginginkan lokasi file secara detail, Anda bisa merubah notepad.exe menjadi path lengkap yang anda inginkan misal : C:\Windows\Notepad.exe.
   Perlu anda ketahui bahwa statement "SHELL" tidak hanya berfungsi untuk memanggil program-program yang terdapat dalam hardisk anda, tetapi statement ini juga dapat digunakan untuk mengakses halaman web.
   Sebagai contoh, kita ingin memanggil atau membuka website google.com melalui form, maka yang perlu anda lakukan adalah  menambahkan sebuah CommandButton baru pada form, lalu pada jendela code nya ketikkan code berikut:

ShellExecute Me.hwnd, "open", "www.google.com", vbNullString, vbNullString, 1

   Selain itu, jika anda ingin menulis atau mengirimkan email, anda dapat memanggil program email yang terdapat dalam komputer anda melalui form. Sebagai contoh, misalnya kita ingin mengirimkan email ke alamat "poetra_qhincay@yahoo.com". Maka kita harus menambahkan sebuah CommandButton lagi pada form, lalu ketikkan code berikut:

ShellExecute Me.hwnd, "open", "mailto:poetra_qhincay@yahoo.com", vbNullString, vbNullString, 1

*Anda juga bisa memasukkan Source Code diatas dalam Label atau lainnya.

Happy Programming

0 komentar:

Posting Komentar